11 November 2008

Pencela yg Tercela

(“wedhus!!!”, buat yg ngaku punya kode etik tapi kadang tak etis. Dan buat org2 di sebuah forum yg mungkin tidak pernah kenal arti kata susah)
 
Saat Andrea Hirata menulis Laskar Pelangi, yg notabene jadi tulisan Indonesia paling waras yg pernah sy baca dalam beberapa taon t’akhr (hehe..padahal yang saya baca juga ga byk2 amat, dikit malah), bahagia rasanya. Ada yg bikin sy melek lagi untuk baca buku (yg terakhir novel2 silatnya Asmaraman S. Kho Phing Ho). Itu dengan mengesampingkan kenyataan bahwa novel itu bener bgt buat orang2 yg separuh hidupnya habis di kampung seperti saya, kayak ada yg mewakili ngomong gt, gini lho real-nya. (afwan, ga ngewakilin “elu2” disono)

Lebih berbunganya hati saya saat tuh novel dipilemin sama dynamic duo (kribo?!), pokoknya nih pilem pasti bagus (walopun sampe skrg sy blm nonton, hehe…), huznudlon aja, masak se film yg punya cerita bagus n digarap sama org2 yg cinta ma kerjaannya jadi film ga bagus, kaya-y ga mungkin (probabilitas tu film bakal jelek mungkin idem sama ga doyannya sy sama air dingin wkt kehausan n ga da minuman laen).

Nah, cerita baru mulai disini, waktu tuh film sukses abis, baru deh anak turunnya Snouck Hungroye (ah, mboh tulisane sing bener yak opo, poko-y yg nipu Teuku Cik Di Tiro lah) berkeliaran bikin2 kabar berbau tidak wangi.

Dengan mengibarkan bendera Devide et Impera, tu org2 ngobok2 lg deh tangis bahagia guru2 yg terwakili sama tu cerita.
Dengan filosofi “Dukamu adalah Tebalnya Dompetku”, tu org2 (yg ngaku punya kode etik & hak asasi sementara yg laen termasuk ane sama ente ga punya) menghancurkan semangat “adek2” sy untuk sekolah yg bener.
Yg beritain Andrea Hirata bohong lah, yg Laskar Pelangi "lebay" lah, yg inilah, yg itulah…

Jgn buru2 bikin patah hati org karena ngejar berita yg bikin nganga (kalo butuh kaya gitu, pada nikah aja ma sapi, trus ajuin ke KUA, dijamin lebih keren dari Syech Puji). Ga tau apa ya kalo kita punya Republik ini lg butuh udara segarnya Belitong via Laskar Pelangi??

Yah, sebagai pendengar setia gosip2 sampah, saya cuma bisa berdoa semoga tidak ada yang jadi patah semangat untuk menyebarkan virus2 baik, dan semoga org2 yang anti virus baik diterima disisi-Nya (lho?!!), Amieeen.

0 comments:

Posting Komentar